Home Asosiasi Pendeta Indonesia, Menaungi Dan Membantu Pelayanan Dari Para Hamba Tuhan

Asosiasi Pendeta Indonesia, Menaungi Dan Membantu Pelayanan Dari Para Hamba Tuhan

Asosiasi Pendeta Indonesia, Menaungi Dan Membantu Pelayanan Dari Para Hamba Tuhan

Jakarta- “Asosiasi Pendeta Indonesia (API) adalah organisasi profesi pendeta secara pribadi. API tidak mencampuri urusan gereja atau dogma gereja, tetapi bersama membantu pelayanan dan kesejahteraan para hamba Tuhan dalam melayani jemaat, masyarakat dan bangsa.” Keterangan ini mengawali perbincangan Reformata dengan salah seorang pendiri API, Pdt. Dr. Tjahjadi Nugroho, di kantor API yang terletak di kawasan Tubagus Angke, Jakarta Barat, Kamis (15/9). Reformata tertarik untuk mengenal lebih dekat dengan organisasi yang menaungi para hamba Tuhan ini.

Pdt. Nugroho menjelaskan bahwa API dideklarasikan pada tanggal 31 Oktober 2002, di Jakarta. Organisasi ini memiliki visi dan misi membangun tubuh Kristus dan berusaha membangun persatuan diantara hamba-hamba Tuhan, untuk dilanjutkan pada persatuan umat. Sebagai prinsipnya organisasi menyuarakan suara kenabian untuk menyatukan dan mengembalakan umat sesuai dengan firman Tuhan.

“Kami bukan pesaing persekutuan gereja yang telah ada, tetapi kami mendukung mereka untuk meningkatkan pelayanan para pendeta secara pribadi dan keluarga,” jelasnya.

Lebih lanjut Pdt. Nugroho mengatakan sampai saat ini kehadiran API dalam kehidupan bangsa indonesia tidak hanya terbatas membangun organisasi sendiri dari dalam, melainkan turut aktif dalam menjaga kerukunan umat beragama dengan membangun komunikasi bersama umat agama lain.

“Membangun kerukunan umat beragama yang terbaik adalah dengan cara berdialog,” imbuhnya sembari menjelaskan bahwa API sering terlibat dalam pelbagai forum yang membahas isu keberagaman.

Dalam perjalanannya, API concern menolak segala bentuk diskriminasi, ketidakadilan dan kekerasan atas agama. Ini terlihat saat API menunjukan penolakannya terhadap Surat Keputusan Bersama (SKB) 2 Menteri. Disisi lain API juga turut ambil bagian dalam mewujudkan perdamaian dunia, ketika organisasi ini berpartisipasi dalam proses perdamaian di Timur Tengah pada tahun 2012.

Dalam perkembangannya, API sudah terbentuk di 16 provinsi dan melakukan kongres pertamanya pada tahun 2006. Jumlah itu meningkat seiring bertambahnya kepengurusan API di delapan Provinsi lainnya, dalam kongres ke dua pada tahun 2011. November mendatang API berencana akan melangsungkan kongresnya yang ke tiga. Diharapkan pada kesempatan itu pula API dapat makin mempersatukan umat dengan menambah kepengurusan barunya, untuk hadir di 26 Provinsi.

Author: API JABAR

Comments are disabled.